Sabtu, 08 Maret 2014

TITIK AMAN DALAM PERMAINAN BOLA KASTI

TITIK AMAN DALAM PERMAINAN BOLA KASTI


     Titik aman dalam permainan kasti ini ditandai dengan tongkat kayu panjang yang tepancang dan dibagi dua titik yaitu titik aman dekat/titik aman pertama (cumbo'k dekat) dan titik aman jauh/titik aman kedua (cumbo'k jauh). Jadi setelah seorang anak dari regu A memukul bola, anak tersebut harus menuju titik aman (terserah pilih yang mana) dengan cara memegang atau menyentuh tongkat yang terpancang di titik aman tersebut. Titik start adalah bagian dari titik aman dan tempat memuku bola. Jadi dalam permainan kasti ini pada dasarnya hanya menappak bola terus berlari menuju titik aman sampai titik start dan memukul bola lagi tetapi dengan menghindari baddaban dari pemain lawan tentunya.

Memukul bola sejauh mungkin atau ke arah yang sulit terjangkau regu yang jaga adalah adalah keterampilan yang harus dimiliki regu yang menguasai bola agar selamat menuju titik aman . Hal ini dimaksudkan agar pemain dapat mengurangi ancaman kena lemparan bola dari regu yang jaga. Berelak (Aksi mengindari lemparan bola) juga skill yang penting saat darurat, tidak heran jika seorang yang pandai berelak susah sekali dibaddab walaupun cuma berjarak 1m dari pihak yang melempar bola tersebut.

Skill yang harus dimiiki regu yang jaga adalah menyambut/menagkap bola dan mengoper bola. Bola sebisa mungkin harus segera di oper ke sesama teman seregu yang paling mendekati dengan pemain regu A yang  belum berada di titik aman. Skill melempar tepat sasaran/membaddab (bahasa sambasnye penekar) juga sangat perlu sebab disinilah kunci permainan. Penentu peralihan antaara regu jaga menjadi regu pemain adalah lemparan yang mengenai sasaran. Jika lemparan meleset maka pemain regu lawan akan semakin banyak yang menyelamatkan diri menuju titik aman hingga titik start. Hal ini dimungkinkan karena bola jauh dari penguasaan regu jaga karena lemparan yang meleset tadi.

Kalah menang dalam permainan kasti ditandai dengan regu mana yang lebih lama jaga. Jika suatu regu jaga terus sampai permainan terasa bosan dan bubar maka regu yang jaga terus tersebut dapat ejekan "paddak" (paddak adalah udang ebi segar yang diawetkan sampai membusuk)

Dalam pertandingan resmi (pertantingan kasti 17an/antar kampung/antar sekolah) kalah menang regu dihitung dalam jumlah point. Poin didapatkan setelah pemukul bola regu pertama selamat kembai ke titik start.
- Pukulan bola mati mendapat point 0
- Pukulan bola bagus (istiahnye bola idup) dan pemukul/pemain pernah berada di titik aman pertama poinnya 1/2
- Pukuan bola bagus terus pemain menuju titik aman kedua, seteah selamat ketitik start mendapat point 1
- Pukulan bola bagus terus pemain berlari menuju titik aman kedua dan selamat kembai ke titik start mendapat point 2. (catatan: pemain selanjutnya belum memukul bola)


 Gambar lapangan permainan kasti.
Keterangan gambar :
titk a = titik aman pertama / cumbo'k dekat
titik b = titik aman kedua / cumbok jauh
kotak 1 = tempat nappak (memukul bola) atau mengoper bola untuk di tappak pada pertandingan resmi
kotak 2 = tempat nappak untuk pemain yang kidal
garis titik-titik = ambang batas titik start, titik aman pertama dan titik aman kedua


Yeah mungkin segeye jak lah ringkasnye permainan kasti kame'k. Saye yakin seluruh Sambas mengenal permainan ito'k. Mungkin versi dan peratorannye jak yang sikkil belaingan. Mun gek kaccik lok karrap inyan maing kasti (seumuran SD kebawah tantunye) maklom dak maok digadohkan bencong.. hahhaaaa

Tiap lomba 17an pasti ade pertandingan kasti ye, antar SD, antar kampong, antar RT sampai tingkat kecamatan dan kabupaten. Tapi kinitok tang payah lalu nak jumpe pemainan itok agek. Biak kaccik dak suah agek maingkannye, pertandingan kasti antar SD dak suah agek kedanggaran. Acare 17an pun udah payah jumpe. Ayap tok e, bise punah yak kebudayaan kitte. Padahal gek dolok kasti ye permainan Favorit remaja putri dan ibu-ibu saat 17an.

Sempat dengar juak sih katenye kasti tok permainan yang berbaye, sebab pakai baddab. Mun kannak baddab e saddang juak dih sakitnye yak. Peagek pakai bola kasti inyan (bola tenis) bedogeng be mun kena baddab e... Tapi saye piker untok cewek tau ibu-ibu dak juak terlalu bahaye be kali. Dak juak kuat be kali tenage cewek e, inyan pun urang laki tadek,,,"bedogeng euyy" mungkin iye juak sebabnye anak cow yang udah besunat kena gadohkan bencong mun maseh maing kasti, heeee... bukan bencongnye tapi bohoyenye,,,,

Dolok kamek yang carrat kan bola kasti singinyan e (bola tenis) sampai nureh gattah pak ullak. Karringkan di daon gattah dan daon pissang barrok di gulingkan kelambong atau bola kasti dari daon kelapa'. 4-5 ari juak molahnye baro'k jadi. tapi kebanyakan kaba'k. hehee.
Serrunye kasti tok e meliat tingkah menunjokkan keahliannye berelak dari kena baddab. Sampai dah tetungging-tungging, melantong-lantong, becaccakpun harus pakai rem cakram. hahahaaa
mun yang bedogeng kannak baddab e suke inyan nawakkannnye, yang dak tahan sakit e sampai nangis,,,,,, mun nyussok bawah rumah / bawah sekoah e dah biase nyarek bola kastinye, maklom ade yang dak penekar maddab.

hah,,,, KASTI........KASTI....... usah lah kau sampai nak ilang dari peradaban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar