Jumat, 07 Maret 2014

MENYUSUN TUGAS PERTANDINGAN

    Menyusun petugas pertandingan
 
Pertemuan dekat pertandingan ini mungkin saja dilakukan pertemuan sampai beberapa kali, dan ini tergantung pada besar atau kecilnya pertandingan tersebut. Umpamanya saja untuk PON, pertemuan jauh sebelum pertandingan mungkin dilaksanakan dua tahun atau satu setengah tahun sebelum pertandingan, apalagi olympiade mungkin lebih dan banyak  pertemuan. Tetapi kalau itu hanya pertandingan kasti antar dua atau tiga sekolah cukup satu atau dua hari saja. Begitu juga dengan susunan pengurusnya, mungkin saja dilakukan oleh dua atau tiga orang saja, tetapi sebaiknya ada susunan secara lebih sederhana sekurang-kurangnya, yaitu:
a.       Ketua
b.      Sekretaris
c.       Bendahara
d.      Pembantu umum
e.       Seksi-seksi, termasuk :
1)      seksi perwasitan
2)      seksi alat dan lapangan
3)      konsumsi
4)      dan lain-lain
Semua tugas panitia walaupun sederhana  tidak mungkin dilaksanakan dengan satu atau dua orang saja. Untuk itu apa saja tugas dari setiap panitia tersebut.
a.       Tugas Panitia
1)      Ketua
Ketua pertandingan adalah  yang bertanggungjawab terhadap semua kegiatan secara keseluruhan dan mampu memberikan keputusan, serta dapat bekerja sama dengan anggota. Biasanya kalau ketua memang selalu sibuk maka dalam organisasi ditunjuk seorang wakil ketua, dimana tugasnya adalah bertindak sebagai ketua tidak ada dan tugas serta tanggung jawabnya adalah sama dengan ketua.
2)      Sekretaris
Sekretaris adalah seorang yang bertanggung jawab terhadap semua bidang administrasi, mempunyai kemampuan untuk mengambil suatu inisiatif. Ia bertugas membuat  undangan kepada anggota bila ada pertemuan atau rapat, juga undangan pada semua yang ikut  bertanding, undangan pada semua pejabat yang akan menghadiri pembukaan dan penutupan pertandingan dan menerima pendaftaran pertandingan bagi regu yang ikut bertanding, dan memberikan informasi  serta menjelaskan semua pertanyaan yang datang padanya sebagai pengganti ketua. Kalau tugas sekretaris ini dianggap sangat banyak dalam suatu pertandingan tersebut, maka perlu dibentuk seorang atau dua wakil sekretaris. Dimana tugasnya adalah membantu sekretaris satu (umum) dalam tugas sehari-hari, seperti membuat surat, mengirimkan surat, membuat laporan dan sebagainya, kalau memang ada beberapa sekretaris maka mereka akan membagi tugas yang akan dikerjakan dengan persetujuan ketua umum.
3)      Bendahara
Bendahara adalah yang bertanggung jawab tentang masalah keuangan, baik dalam pengadaan maupun pengeluaran yang sebelumnya sudah disetujui atau sudah disetujui atau sudah diketahui oleh ketua pertandingan. Begitu juga halnya, bila pertandingan ini mempunyai event yang lebih besar, mungkin keuangannya juga dipegang oleh lebih dari satu orang atau wakil sebagai wakil bendahara. Wakil bendahara bertugas adalah membantu bendahara satu dalam masalah keuangan, terutama bila bendahara berhalangan atau tidak ada ditempat. Dengan sendirinya pembukuannya tentu tetap satu agar jalannya keuangan itu teratur dan jelas.
4)      Panitia Hakim
Dalam pertandingan besar, panitia hakim tidak dapat diabaikan, sebab bila ada masalah dalam pertandingan atau ada protes dari suatu tim terhadap pelaksanaan pertandingan, maka panitia hakim inilah yang akan bertanggung jawab untuk menyelesaikannya, oleh sebab itu biasanya panitia hakim ini  adalah terdiri dari para ahli dalam bidang olah raga yang dipertandingkan, dan anggotanya biasanya berjumlah ganjil agar dapat membuat keputusan terdapat perbedaan jumlah suara sebagai pedoman.
5)      Pembantu Umum
Kalau dalam pelaksanaan pertandingan yang lebih besar maka pembantu umum mungkin satu atau lebih, tergantung besarnya pertandingan yang akan dihadapi serta banyaknya tugas sehingga perlu anggota lain sebagai tenaga pembantu. Ia bertugas dapat membantu seluruh seksi dimana saja sehingga apa saja yang perlu dibantu maka orang ini akan selalu dapat melaksanakannya.
b.      Seksi-seksi
Tugas bagi mereka yang duduk sebagai seksi akan sama dengan yang duduk dalam pengurus lainnya, dimana mereka juga harus mempersiapkan segala sesuatu sesuai dengan seksinya agar dapat menunjang terlaksananya pertandingan tersebut sesuai dengan rencana seperti :
1)      Seksi wasit, ia sudah memperkirakan banyaknya wasit yang dibutuhkan dalam pertandingan tersebut, dan dapat juga ia yang menentukan siapa yang akan menurunkan wasit yang akan memimpin pertandingan termasuk petugas garis, penulis dan petugas lainnya yang berhubungan dengan wasit.
2)      Seksi alat dan lapangan, terdiri dari satu atau lebih yang bertugas menyiapkan tentang alat yang dibutuhkan bersama jumlah lapangan yang dipakai. Ia bertanggung jawab segalanya yang berhubungan dengan petugas lapangan dan perlengkapannya agar pertandingan dapat berjalan dengan lancar, umpamanya lapangan yang harus dibuat atau digaris, dilapangan butuh tenda dan kursi untuk penonton atau undangan, garis untuk batas penonton dan sebagainya.
c.       Seksi publikasi dan dokumentasi
Seksi ini adalah sangat perlu untuk mempublikasikan  pertandingan dalam kejuaraan apa, perebutan piala apa, bagaimana bentuk spanduk dan dimana ditempatkan, kapan dan dimana pertandingan diadakan sehingga masyarakat dapat mengetahui bahwa adanya pertandingan. Di waktu pertandingan, seksi ini juga bertugas sebagai documenter atau fotografer, maksudnya ia bertanggung jawab dalam dokumentasi, walaupun yang akan bekerja bukanlah dia, tetapi segala sesuatu yang berurusan tentang seksinya maka ialah yang bertanggung jawab untuk mengurus dan menyelesaikannya.
d.      Keamanan
Adalah petugas keamanan yang berfungsi menjaga kemungkinan terganggunya pertandingan, pada umumnya dikerjakan oleh kepolisian dan mungkin saja satpam, dan kalau hanya antar sekolah dapat dilaksanakan oleh guru saja. Jadi maksudnya seksi ini bertanggung jawab untuk mengurus tentang keamanan tersebut.
e.       Kesehatan
Anggota ini terdiri dari beberapa orang yang bertugas untuk membntu  bila dalam pertandingan ada terjadi kecelakaan. Pada pertandingan besar seperti marathon, sepak bola, petugas ini biasanya dipegang oleh perawat (P3K) dan dokter dan kadangkala dilengkapi dengan tandu dan ambulansnya.
f.       Konsumsi
Konsumsi adalah yang bertugas sebagai penyiapan makanan, dan kalau pada pertandingan besar ia juga termasuk pada akomodasi dan tempat. Dan ada kalanya juga dipisahkan, ini kalau pertandingan membutuhklan konsumsi untuk panitia atau pemain.
Jadi walaupun pertandingan kasti belum tentu akan begitu banyak pelaksana pertandingannya, tetapi sebagai guru pendidikan jasmani perlu juga mengetahui hal-hal yang memungkinkan akan melaksanakan suatu pertandingan yang lebih besar dari yang diperkirakan. Umpamanya saja pertandingan  kasti satu kecamatan, pengikutnya mungkin lebih dari 50 peserta, jadi membutuhkan petugas yang banyak juga. Mungkin saja pertandingan satu provinsi, mungkin akan lebih banyak lagi petugas yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar